Tuesday, October 11, 2011

Mendadak Nye-Marang Yang Se-Jogjahnya

"Cut.. kamu ada rencana apa weekend ini?"

"Blm ada rencana, knp..?"

"Aku mo nyulik kamu"

"hahahahaha... kemana?"

"Semarang and Jogja."

"APEUUUUU!!!!"


yep.. gw.. seorang cewe yang selalu sangat excited untuk sesuatu yang serba dadakan, jarang terjadi dan cukup fenomenal. Apalagi untuk kasus ajakan yang cuma beda 2 hari sebelumnya kaya gitu. Maaannnn.. tiketnya aja gw blm punya, trus biaya.. boro boro masuk di perhitungan budget bulan ini, kepikiran aja nggak. tapi hell yeah lah.. ini moment, gw belom pernah nyentuh semarang, trus ada beberapa tempat di jogja yg sempet pending gw datengin. well.. YUK KITA LETS!!! BRANKCUT CUYYYY CIHUUYYY!!!

Berangkat dari jakarta jam 6 pagi, tujuan pertama Semarang! "hei nasi liwet simpang lima, wait for us ya..".

jam 1/2 8, "HOLLAAAAAAA SEMARANG..!", ada "Serang" di "Semarang", so.. mari kita serang untuk semua makanan di Semarang. Sayangnya pagi itu jalanan simpang lima lagi di tutup, entah sedang ada pergelaran apa.. yang gw liat banyak orang berseragam Pramuka di jalan itu.. Hari Pramuka? gak juga, cukup delay lama juga sepertinya untuk sebuah perayaan Hari Pramuka. well, akhirnya sarapan di kota semarang jatoh ke Bubur Ayam di pinggir jalan deket simpang lima, gak dapet simpang lima dapet kata "deket"nya aja udah girang.. bubur ayamnya juga lumayan menyenangkan rasanya.

Acara selanjutnya, nemenin temen gw buat ngasih kuesioner dari kantornya utk kantor branch yang cm sekitar 1 jam lalu lanjut ke Toko Oen, Toko yang sudah tidak asing lagi di Semarang. Disana temen gw haru meng-interview satu orang kandidat yang nantinya akan di tugaskan utk kantor yang ada di Pontianak, lalu gw ngapain di situ..? oo.. tenang.. gw dah prepare buat ini, ada satu buku yg sengaja gw bawa buat menemani ketika gw harus menunggu teman gw bekerja.

Lo tau buku berjudul "Madre" (dan buku itu tertinggal di hotel Jogja) ? baca buku itu di sebuah tempat makan yang suasana vintagenya masih kerasa banget, bernuansa Belanda, dan di temani satu scoop home made es gyim Rhum Raisin itu tuh rasanya EDAAAANNN KOMANDAAANN!! berasa ada di TKP, langsung menarik hasrat gw buat bikin roti dan mencoba menguleni adonan.. es grim sama roti.. jauh sih ya emang, tapi ya itu gw, suka lebay berimajinasi, tapi gw suka itu, bermain dengan imajinasi sendiri itu menyenangkan.

"abis ini kita makan lumpia yuk" , "ayuukk, bungkus aja makan di mobil sambil langsung ke Jogjah"

perjalanan dari Semarang ke Jogjah sambil di temani cuaca panas, AC mobil yang dingin segan panaspun tak mau n kondisi jalanan yg lumayan padat sepadat isi lumpia yang gw makan, membuat teman gw memutuskan.. "Kita ganti mobil aja.." dan berhentilah kita di sebuah pom bensin di daerah Solo untuk menukar mobil dan perjalanan kembali lancar tentunya kegiatan mengunyah lumpia pun gak kalah lancar.. nom..nom..nom..

Nyampe Jogja langsung check in di hotel yg walking distance sekitaran Malioboro, leye leye sebentar langsung cabs buat makan malem di daerah Prawirotaman, yang bener" buat gw menganga pas nyampe di sana.. "Hei..!! ini baliii!!" lebih tepatnya jogya rasa bali, kiri kanan kafe" kecil dan isinya pun seputaran bule.. dan akhirnya gw memutuskan masuk ke satu kafe.. Agliooo! yang hanya cukup menghabiskan 100 rb buat berdua dengan menu pizza yg lumayan geda, salad yg juga geda, mint grass tea n juice dan semuanya ENAAAAAAAAAAAAKK!!! SOMPAAHH! :_) <-- nangis terharu habis makan enak.

besok paginya rundown jatoh ke.. ULEN SENTALU and FESTIVAL LAYANG LAYANG di pantai Parang Kusumo.. YEAAAYYY!! "trus, gmn berangkatnya..? sewa mobil? sewa motor? apa ngojek?"

pas sarapan gw nanya ke mbak" receptionist di hotel "Mbak, klo mau ke parang kusumo kira" berapa lama ya dari sini?" , "45 menit mbak" , cakeeeepp.. gak terlalu jauh ternyata.

"Kita naek ojek aja kali ya? cuma 45 menit, berapaan ya kira-kira?" temen gw lagi nyoba ngasih ide briliantnya dan gak kalah briliantnya gw ngejawab "klo dari rumah aku mpe ktr sih 30 rb gitu, beda" tipis lah waktunya".

"apa kita sewa motor?" , "Siapa yg nyetir? babang ojek?" gw mulai panik dengan pengembangan ide temen gw.. "aku bisa kok naek motor?", "hwaaaa seriusaaann.. hebat banget kamu" , "iya, cm belom pernah ngebonceng orang aja sih" untung gw monyet... *dalem hati gw* "ok, kita sewa mobil aja".

selesai browsing sana sini akhirnya kita dapet tempat penyewaan mobil yang pas... sewa mobil dari hotel. NGAPAIN BROWSING KLO GITU???!!!

Berangkatlah kita ke Ulen Sentalu yang sebelumnya sempet mampir dulu di Yu' Narni*) spesialis gudeg.

*) sebenernya mau ke Yu' Jum tapi ketemunya Yu' Narni, salahkan daya ingat.

Nyampe di Ulen Sentalu, aaahh.. gw suka tempat ini, masuk ke sini tuh, lo kaya di dongengin.. di temenin sama satu guide, dia nyeritain asal usul ina ini itu yang berkaitan dengan kehidupan sejarah keraton, mulai dari orang"nya, lukisannya, tariannya, pakaiannya.. aahh pokoknya gw sukaa di sini.. andaikan ada tempat buat sekedar ngopi" di pelataran tamannya mungkin gw bisa betah lebih berlama" di situ, hanya mungkin guidenya yg gak betah lama" ngeliat muka gw n temen gw. Gimana mo betah, pas si guide lagi menerangkan asal usul patung Ganesha bahwa di perut buncitnya Ganesha itulah terkandung ilmu, dan gw sama temen gw cm saling pandang"an, saling nunjuk perut..... "BWAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA!!!" dan otomatis semua pandangan orang" tertuju ke kami berdua. yak.. maaf mbak Guide, kami tidak bermaksud nyinyir hanya sepertinya filosofi perut kami dengan Ganesha agak berbeda.

Selesai dari Ulen Sentalu lanjut ke Pantai Parang Kusumo, gilaaa.. ini temanya dari gunung ke laut, dan nyaris sok-sok an pgn naek motor di jarak yang ternyata 1 1/2 jam, yoeh banget gak tuh..? yoeh laahh.. namanya jg sok yoeh.

Cuma ternyata agak kurang beruntung nyampe di sana, karena ternyata pantainya gak ciamik" amatan, festivalnya udah keburu di umumin pemenangnya, ya kaleee gw tungguin gitu pengumumannya.. sodara bukan kenal juga kagak. Akhirnya kita memutuskan.. "Nyoba Parang Tritis yuk..?"

Nyampelah kita di Parang Tritis yang lumayan lebih sedikit nyenengin, trus enakan ngapain yak..? NAEK ATV!!! saatnya membuktikan temen gw bisa naek motor (ya paling gak mesinnya menyerupai motor) dan gw bisa ngebuktiin gw sanggup di bonceng motor dan ditengah" muter" pantai naek ATV temen gw pun nyeletuk "ini pertama kalinya loh cut aku naek beginian" , "aku juga pertama kalinya di bonceng naek beginian.. HAHAHAHAHA!!!!" <-- tertawa menutupi kepanikan.



Selesai dari pantai Parang Tritis, balik ke hotel.. mandi saatnya jalan" di seputaran Malioboro, makan mie jawa dan selesailah run down hari ini.

Hari terakhir di Jogja.. bangun lebih awal karena terobsesi dengan harapan dapet sarapan yang lebih memadai di hotel... ternyata rasanya sama aja.. dan ini gak bisa DIBIARKAN!.

"Ayo kita makan serabi notosuman aja.." kembali browsing sana sini, nanya temen.. walhasil pagi" langsung naek becak tujuan Serabi Notosuman Pasar Pathuk dan menggelinjang lah kami pagi" di pasar.. bhahak!.

selesai sarapan, siap-siap... JEKARDAH AKU KEMBALIIII!!!!!!




special thanks for: "yeyen" Yenita "Mbuck Jeje", sering" ya nyulik aku.

2 comments:

mbuck jeje said...

Cut..
Bagian nyolong kalung kok ga diceritain yah... Hahahaha

Icut said...

HAHAHAHAHAHAHAHAHA.. sial di ingetin, biarlah bagian itu menjadi cerita kita berdua.
note to self: next time klo lagi nyoba kalung ber-bandrol 6 rb jangan mau di panggil dulu sama temennya buat milihin mana kalung yg bagus buat oleh-oleh.

Post a Comment